Tuesday, January 12, 2016

Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta-Ku

well, mungkin bagi sebagian orang... ikut hal ini adalah hal yang biasa saja, tapi tidak bagiku yang hanya mahasiswa rata-rata wkwkwk

Ya... saya hanyalah mahasiswi rata-rata namun tak pantang menyerah, Program Kreativitas Mahasiswa atau biasa yang disingkat PKM ini adalah hal wajib bagi setiap mahasiswa utamanya mahasiswa semester tua. Event ini adalah ajang mencari "dana" bagi mahasiswa semester akhir guna membiayai penelitian yang biasa diberi nama "SKRIPSI" atau suka dipanggil skrips***t whoops.

Awal ikutan ini??? ya alesanya diatas dan iseng semacam ikutan undian berhadiah. Jadi ceritanya admin blog ini bingung mau cari judul proposal untuk tugas akhir, dan para anggota BEM, HIMA, bahkan tmn2 sekelas saya pada heboh bentuk kelompok buat ikutan ajang paling bergengsi di dunia universitas ini. macam indonesian got talent kalee yak wkkwkwk.

Dengan perasaan yakin dan tidak yakin, adminpun mencoba melamar bahkan merayu beberapa kawan yang dikenalnya untuk ikutan ajang bergengsi ini. ya akhirnya kawan-kawan yang bersedia hanya 3 orang yakni amel, vira dan adek kelas saya yang naif...niera wkwkwkkw.

Segala jurus maut dikeluarkan untuk merancang rencana... eits tp ini bukan rencana busuk yak. kita berniat membuat dua judul PKM yg merupakan calon judul proposal tugas akhir saya dan amel. yups... kenapa vira tidak? karena tugas akhir dia hampir mirip dengan saya jd dia ikut ajalah. kami pun mengambil dosen pembimbing yang sama... hehehe.

saya memang tertarik untuk membuat tugas akhir yang simpel, mudah dikerjakan, data ada... itu pikiran saya. apalagi amel sudah berpengalaman membuat pkm macam begini tahun sebelumnya, jadi saya berharap bisa meminta masukan padanya... ya seperti dibahas pada post sebelumnya judul PKM saya adalah "Implementasi Jaringan Syaraf Tiruan untuk Identifikasi Corynebacterium diphteriae sebagai Deteksi Dini Difteri"

judul pkm amel menurut saya dan pembimbing sangatlah bagus yakni sistem pakar, yang mana bagi mahasiswa TB pertama kali diambil. bahkan pembimbing saya sangat antusias dan yakin jika pkm amel-lah yang lolos. jujur saya hopeless  bukan hanya pembimbing saya yg tidak yakin namun ternyata sampel data yang akan digunakan sangat susah didapatkan meskipun ada KLB. Karna memang niatnya pkm ini untuk judul proposal, kamipun bertanya pada beberapa rumah sakit atau laboratorium di SBY untuk mendapatkan sampelnya bisa atau tidak. ketika kami sampai di RSUD Dr Soetomolah saya merasa hopeless. mereka mengatakan sangat susah untuk mendapatkan sampel untuk pkm saya sedangkan proposal pkm telah dikirim.
  
Adminpun mengatakan pada Amel,
Admin : pasrah mungkin memang ini jalannya, ya semoga pkm mbak amel yg ketrima ya.
Amel: lah kalo PKMmu juga ketrima gimana te?
Admin: halah g yakin aku mbak amel... lillahi ta'ala aja wes, nanti saja dipikir kalo jadi ketrima.

btw kita PD banget yak kl PKM kita ketrima, alesannya ?? yups kita yakin karena kebanyakan temen2 itu ambil PKMP (penelitian) saingannya tentu banyak, jd kami ambil KC (karsa cipta).

Pada saat pengumuman, ternyata pkm saya yang ketrima... Syukur Alhamdulillah, meski hanya satu dari dua PKM yg kita ajukan yg lolos, saya sebagai ketua berjanji dana yang dianggarkan apabila sisa, akan kami gunakan untuk membiayai 3 buah penelitian yakni skripsi saya, amel dan vira... hiks tau gitu g ganti judul :-(

waktu kita menghadap pembimbing ada kejadian lucu dan sangat nyelekit, masa bapaknya bilang "wah kok bisa PKM kamu yang lolos? kamu meyakinkan sekali buatnya atau km punya kenalan org dalem D**** ya?". saya hanya menjawab polos, wah kurang tau pak... pdhal dihati saya "hah? mana saya tau pak, buset deh... ngejleb banget pak!!!". akhirnya kita posthink aja kalee yak, mungkin mmg jalannya begini wkkwkw. berikut hasil PKM pertama dan terakhir saya...
Home

Definisi Difteri
 
Perlakuan pada Sampel

Tahapan Penelitian

Hasil PKM

Proses Training Data Sampel
Proses Testing Data Sampel dan Akurasi

Jujur saya bangga walaupun prosentase akurasi masih terbilang minim yakni 86.67%. hal ini dikarenakan proses pengolahan citra yang kurang baik sehingga dibutuhkan perbaikan dan juga kesibukan masing-masing anggota pada kegiatan TAnya membuat kami, mengerjakan tidak maksimal. Namun kegiatan ini sangatlah positif, Admin sangat berterima kasih pada anggota yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk PKM ini. Mohon maaf belum bisa dibuat jadi jurnal, tapi semoga krn publish di blog ini, hasil kerja keras kita tidak sia-sia....

Thanks a lot for Fadhlin Amalia Arif, makasih ilmunya... sukses buat dirimu yak :-)

No comments:

Post a Comment

KKN yang Tak Terlupakan

KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan salah satu program matakuliah wajib di Universitas. Biasanya KKN adalah tempat/ajang cari teman baru...