Tuesday, January 12, 2016

Pengalaman Saya Belajar di Biomedical Engineering


Teknobiomedik.... apa itu??? jurusan seperti apa.... kok tidak pernah dengar????

Itulah  pikiran yang berputar-putar saat saya mendaftar PMDK di Universitas Airlangga bahkan ketika saya berpromosi di sekolah-sekolah SMApun mereka juga tidak mengerti. Sebetulnya keinginan saya untuk bersekolah di jurusan Urban and Regional Planning at Tenth of November Institute of Technology namun dengan bebagai pertimbangan lain dari orang tua, saya pun menurut dan mendaftarkan diri ke jurusan Teknobimedik. 
Di jurusan ini banyak pengalaman yang dapatkan bahkan saya hampir kehilangan semangat dan ingin keluar dari jurusan ini. Ya saya cukup depresi selama 3 semester dikarenakan banyak mata kuliah yang menurut saya sulit, teman yang tidak bisa mengajari, jauh dari ortu sempat membuat saya down sekali hingga akhirnya saya memutuskan utk mengatakan uneg2 saya selama ini pada ortu bahwa saya tidak sanggup kuliah di TB. Namun bapak saya mengatakan "apa jika kamu (saya) keluar dan pindah kuliah ditempat lain tidak akan menghadapi permasalahan yang sama krn kamu berusaha lari dari masalah. setelah saya berpikir panjang akhirnya saya memantapkan diri untuk melanjutkan. ya waktu itu saya masih semester 5. Apa setelah itu masalah saya selesai....? jawabnya adalah TIDAK. masalah saya tidak selesai sampai disitu krn banyak masalah2 lain yang menguji tingkat kesabaran dan keikhlasan saya hingga saya berhasil mendapatkan title Sarjana Teknik (S.T).
Okey, mari kita bahas tentang jurusan yang saya geluti hampir 4.5 tahun ini

APA TEKNOBIOMEDIK ITU???

          Teknobiomedik atau istilah "Biomedical Engineering" sudah terkenal di luar negeri namun di Indonesia kita akan merasa asing mendengar namanya. Ya Teknobiomedik merupakan salah satu jurusan bertitle S1 yang baru di Universitas Airlangga dan merupakan satu-satunya di Indonesia.
          Teknobiomedik adalah suatu jurusan yang bergerak dalam bidang teknik yang menjurus pada bidang medis / kedokteran. Mungkin kita akan berfikir bahwa S1 teknobiomedik merupakan salah satu jurusan (prodi) di Fakultas Kedokteran, namun anggapan itu salah S1 Teknobiomedik merupakan salah satu prodi dari Departemen Fisika Fakultas Sains dan Teknologi.
              Mengapa bisa begitu??? karena Mahasiswa Teknobiomedik diharapkan menguasai berbagai ilmu yang cenderung matematika, fisika, kimia, dan biologi yang kuat serta ilmu perekayasaan, selain itu mahasiswa dituntut mengetahui anatomi tubuh manusia dan ilmu faal seperti yang dipelajari mahasiswa kedokteran. Jadi bisa disimpulkan sec. sederhana bahwa Teknobiomedik merupakan gabungan  Teknik  dan Kedokteran. So cocok banget buat orang-orang yang ingin sekolah di teknik plus kedokteran

APA AJA MATERI KULIAHNYA???

Seperti prodi lain di Fakultas Sains dan Teknologi, Pada semester awal (1), mahasiswa mengikuti materi kuliah umum seperti Kalkulus, Fisika Dasar, Kimia Dasar, Agama, Biologi Umum, ISBD, dan Bahasa Inggris. Semester 2 : Kalkulus 2, Fisika, Kimia Dasar 2, SFS, Pengantar Teknobiomedik, Biologi Medis, Pkn serta mata kuliah pilihan. Semester 3: Matematika Teknik, Fisika Medis, Elektronika Analog, Ilmu Bahan, Anatomi, Kimia Fisik, Kimia Organik. Sedangkan Semester 4 : Elektronika Digital, Biolistrik, Sistem pengukuran, Bahasa Indonesia, Biomaterial 1, Prokom, dan materi kuliah pilihan.....

GIMANA PROSPEK KERJANYA???

Menurut blog yang saya baca prospek kerja Sarjana Teknobiomedik cukup bagus yakni Insinyur Teknobiomedik mendapatkan  lebih dari 10 ribu lowongan kerja. Untuk lebih jelas mengenai prospek kerja serta pernak-pernik tentang TEKNOBIOMEDIK (Biomedical Engineering) silahkan anda buka blognya di http://iloveunair.blogspot.com/

 Itulah sedikit cerita saya tentang pengalaman saya belajar di Teknobiomedik.....saya mengharapkan pembaca mengirim comment baik pertanyaan, kritik maupun saran.

Apabila ada pertanyaan baik kritik maupun saran silahkan langsung mengontak menggunakan fb atau email pribadi zilvanhisna.emka.fitri@gmail.com

No comments:

Post a Comment

KKN yang Tak Terlupakan

KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan salah satu program matakuliah wajib di Universitas. Biasanya KKN adalah tempat/ajang cari teman baru...